Karena Allah maka Allah membuka Jalan yang lain

angki dan pr
PR pertama saya hehe, makasih yang sudah membantu mengerjakan alhamdulillah

Semua berawal dari Sholat yang pengen banget bisa khusuk, meresapi maknanya memahami maknanya dan dapat nyaman gitu dehhh, tiba-tiba setiap untai kalimat demi kalimat , kata demi kata teruntai indah dan mempesona membuat hati bergetar menggelorakan jiwa dan persepsi bahwa ada keagungan di balik itu semua, bahwa selama ini yang dibaca khusuk dan penuh harap maaf dari Allah, ternyata sungguh-sungguh benar. yang dulu hanya sebatas sholat dengan patuh dan tunduk pada Allah, kini di setiap untai bacaanya mengalir syahdu mendamaikan hati, dan membuat hati terjebak dalam nikmat Allah yang tiada tara Subhanallah.

Alhamdulillah, Sebelum berumur 24 tahun, Allah telah memeluk saya untuk mengenalnya lebih jauh lagi, akhirnya jalan hidayah itu hadir membekap saya setelah saya menemui berbagai macam hal gagal dan kalah. Yang akhirnya menyadarkan saya akan inti dari hidup ini sesungguhnya adalah Ibadah dan tunduk patuh kepada Allah SWT. Kalo semisal rumah saya www.angkisland.com itu kerjaan banget dan Full senang-senang di rumah yang ini saya hendak berbagi Hidayah dengan wajah yang baru dan fressh hehe ^-^ kalo rumah yang ini agak real on time hehe pizz

Kini setiap hari dari senin sampai rabu di pagi sehabis sholat shubuh agenda rutin saya adalah belajar bahasa arab. Iya belajar saya belajar dari nol lagi, Allah kasih bimbing saya buat belajar Islam dari awal lagi, semua dari Sholat, saya yang mulai meresapi arti disetiap makna sholat kemudian Allah peluk saya dengan sebuah agenda belajar Tholabul ilmi lagi, dan kali ini ilmu yang sangat Agung Ilmu mulia dari pembuka Al-Huda yaitu bahasa Arab, ” Bahasa yang ada dalam Al -Quran ” subhanallah.

Dan metode yang saya pakai yaitu belajar kitab muyassar, sobat tahu kan kitab muyassar?? hehe saya aja baru aja tau pas mau belajar bahasa arab ini. Jadi Muyassar itu artinya Mudah,kitab ini karangan Ustad Aceng Zakaria, yang saya pelajari yaitu kaidah ilmu Nahwu dan sangat dasar saya pelajarii dasarr banget dah, ilmu Nahwu itu ilmu memahami dasar-dasar bahasa arab gitu deh hehe…

Yah jadi akhirnya saya belajar deh bahasa arab, mencoba memahami arti-arti dan kosa katanya yang begitu indah berbeda dengan susunan lain bahasa-bahasa yang pernah saya pelajari, bahasa arab itu subhanallah, yakin dah saya belajar bahasa Inggris, Jepang, Jawa tapi yang paling unik itu bahasa arab, meski saya belum bisa jelasin uniknya dimana tapi bahasa arab mulai memikat hati saya.

Kalo ada yang tanya saya belajar di mana? saya belajar bareng teman-teman saya di daerah Tundan Selatan kampus UMY terpadu. di Sebuah Masjid yang nyaman dan asri ahh selalu kangen hari senin sampai rabu ngayuh sepeda menuju majelis ilmu di masjid itu, kalo sobat lewat daerah ringroad barat pagi hari abis shubuh dari senin sampai rabu pasti jumpa dengan saya dan sepeda pinjaman hehe, tak apalah yang penting saya berangkat pake tenaga sendiri heheh.

Monggolah mau hina atau remehin saya terserah, saya cuma pengen kenal Allah aja, eh sama Allah malah dikasih jalan dan ilmu lebih saya belajar banyak bahasa arab. Keluarga saya memang bukan keluarga yang religius, saya harus pontang panting mencari hidayah ke sana kemari, dan alhamdulillahnya Allah masih sayang dengan saya terima kasih ya Allah masih mempertemukan saya dengan majelis ilmu ini, alhamdulillah.

Kata Imam Syafii menuntut ilmu itu perlu modal, alhamdulillah meski belum saya bayar semuanya pake lunas, tapi saya bayar belajar bahasa Arab ini pake duit saya sendiri sob gimana gak syukur, alhamdulilah dari hasil keringet sendiri jepretin dan motoin orang sana-sini http://www.angkisland.com dan www.angkislandphotography.com, bisa buat saya bayar majelis ini, pertama kalinya dalam hidup saya saya menuntut ilmu pakai keringat sendiri dengan niat tulus ikhlas karena Allah lho sob tanpa embel-embel yang laenn, nikmat allah nie, yang kasih bimbing saya jalan buat berangkat melangkahkan kaki menghimpun IlmuNya Allah.

PR pertama saya hahah saya di suruh nyari Isim, Fiil dan huruf haha saya bingung abis, abis itu di suruh menjama’kan isim haha aduuhh malu dah saya, tapi gak papa lah saya kan udah niat belajar bismillah sajalah semoga Allah bimbing saya hingga ilmu yang diridhoi Allah ini tersampaikan dalam hati dan jiwa saya aamiin. Terima kasih buat sobat saya yang udah saya repoti pake banget buat bantuin kerjain PR bahasa arabnya hadehhh sueer deh saya bener-bener bingung waktu itu, itu PR suruh ngapain yax???

Emmm…Tapi saya habis sedih ni sob, ahh sedihnya saya melewatkan hari rabu kemarin.T.T

Kemarin saya sangat sedih, saya sakit dan harus gak berangkat karena kondisi tubuh yang hadeehh… nyesal saya melewatkan ilmu di hari rabu kemarin T.T sedihh banget, ya Allah hamba sudah berniat Istiqomah…mudahkanlah jalan hamba Ya Allah aamiin…

Padahal saya Suka dengan ustadz yang ngajar mudah menjelaskannya dan mudah saya menerima ilmu dari beliau, kalo ada kesukaran saya selalu ulangi lagi baca…baca..dan terus baca…alhamdulillah lama-lama saya paham dengan apa yang diajarkan alhamdulillah. Pak Ustadznya juga nyaman saya tanya selalu pas menjelaskannya, saya juga suka dengan kawan-kawan sholeh saya, terpancar wajah indah nan khusuk dalam setiap kerut wajah-wajah mereka, ada yang lebih muda dari saya, ada yang sudah sepuh, ada yang masih gagah, wah macam-mcam dah orang sholeh pada kumpul.

Ada yang naik mobil, ada yang naik sepeda kayak saya, ada Pak ustadz dengan motor perjuanganya, ada yang pake motor keren, wah macam-macam, tampilan dah teman-teman saya, mulai dari yang sederhana sampai yang gak sederhana juga ada.

Yah semoga saja saya mendapatkan teman-teman yang baik dan sholeh di majelis ini, selalu ingin berlomba-lomba dalam kebaikan dah kalo ketemu dengan mereka, meski ya kayaknya saya nih yang paling cetek ilmunya diantara temen-temen saya yang ada yang udah pernah juga dulu tapi pengen ngulang, ada yang baru banget jaann greess kayak saya juga hahah haseehh gak papa lah.. saya dah tak niatkan karena Allah bismillah…masalah saya bisa bayar apa enggak nanti saya udah nyicil bekal saya buat menjemput Alalh di rumahNya insyaAllah pasti Allah kasih jalan InsyaAllah aamiin Ya Allah aammin..

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam, Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya

Bacalah… saya menyesal sejak mulai dari SMP kelas 3 sampai saya terakhir mandeg akademi saya nyesel gak baca… baru akhir-akhir ini saya kerasa banget nikmatnya Baca…

Dan jalan ilmu itu mengalir melalui membaca…semoga Allah memeluk saya dengan IlmuNya InsyaAllah aamiin

Pertama saya cuma baca buku panduan dan arti…arti Sholat kini Allah bimbing saya buat pahami bahasa arab.. Ya Allah semoga Cahaya diriMu tak pernah meredup untuk saya dan keluarga saya dan kawan-kawan saya aamiin ya rabb aamiin

Beberapa kumpulan hadist yang akan mengobarkan semangat saya apabila ada setan yang membuat saya kendor untuk menuntut Ilmu bismillah

1. Barang siapa yang Allah menghendaki dia baik maka Allah akan memahamkannya dalam masalah agama, dan aku adalah orang yang bersumpah, allah akan memberi dan ketika umat ini tidak akan bergeser untuk mendirikan perintah allah maka orang yang berbeda dengan umat ini tidak akan membahayakannya sehingga datang perkara Allah

Orang menuntut ilmu itu merupakan kemauan sendiri. Orang yang menuntut ilmu akan diberi petunjuk oleh Allah. Hanya Allah yang berkuasa untuk memberikan petunjuk kepada seseorang. Jika seseorang tersebut sudah dikehendaki oleh Allah untuk menjadi orang yang baik, maka Allah akan memudahkannya dalam memahami agama,  dan sebaliknya. Namun demikian manusia tidak boleh menyerah dan tidak boleh hanya pasrah tanpa adanya usaha. Perkembangan seseorang tergantung pada pembawaan dan lingkungannya. Pembawaan seseorang baru berkembang karena mendapat pengaruh dari lingkungan.

2. Tidak ada seorang laki-laki yang berjalan dijalan untuk mencari ilmu kecuali Allah mempermudah jalannya jalannya ke surga, barang siapa yang kendor amalnya nasabnya tidak akan mempercepatnya.

3. Barang siapa yang berjalan di jalan untuk mencari ilmu kecuali Allah mempermudah jalannya jalannya ke surga.

4. Tidak ada orang yang keluar untuk mencari ilmu kecuali malaikat meletakkan sayapnya kepada orang tersebut karena ridho dengan apa yang diperbuatnya.

Hadits yang kedua, ketiga dan keempat  tersebut pada dasarnya sama yaitu menyatakan tentang keutamaan ilmu dan orang yang mencari ilmu. Mencari ilmu merupakan pekerjaan yang sangat mulia dan sulit. Karena dengan ilmu manusia tidak akan lagi berakhlak seperti binatang. Maka malaikatpun ridho terhadap apa yang diperbuat oleh manusia tersebut.

5. Barang siapa yang mencari ilmu maka ilmu itu akan menjadi tebusan sesuatu yang terdahulu.

Hadits yang selanjutnya adalah tentang ilmu merupakan pelebur terhadap amal yang ia perbuat sebelumnya, karena orang yang beramal tanpa didasari ilmu maka amalnya tidak sah. Dan orang yang beramal tanpa ada landasan ilmu, ibarat pesawat yang terbang tanpa landasan.

Ya Allah saya menangis membaca hadis dibawah ini saya sedih selama ini apalah niat ilmu yang saya tuntut… T.T maafkan saya ya Allah…dahu niat menuntut ilmu saya bukan karena Allah..maafkan saya Ya Allah saya abru tau dan baru sadar

6. Barang siapa yang mencari ilmu bukan karena Allah atau menghendaki selain Allah maka hendaklah dia mempersiapkan tempat duduknya dari neraka.

Semoga Allah senantiasa menjaga niat tulus kita ya sob, terus perbarui niat karena Allah, dan terus menuju Allah….

Orang yang mencari ilmu atau menjalani pendidikan hendaklah berniat karena Allah. Orang yang mencari ilmu dengan niat selain Allah maka Allah akan memberikan siksaan kepadanya. Ilmu merupakan sesuatu yang mulia, dan pada dasarnya semua ilmu adalah milik Allah. Dalam Islam tidak ada dikotomi ilmu, akan tetapi dalam Islam ada pembagian ilmu menjadi mahmudah dan madzmumah

7. Orang alim fiqih satu lebih berat dari pada seribu ahli ibadah menurut setan

Hadits yang selanjutnya menerangkan tentang keutamaan orang yang berilmu. Orang yang mempunyai ilmu lebih berat untuk digoda menurut setan daripada ahli ibadah yang jumlahnya seribu.

8. Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap orang muslim, dan meletakkan ilmu pada selain ahlinya seperti halnya mengalungi babi hutan dengan permata, mutiara dan emas.

Hadits terakhir adalah hadits mengenai kewajiban mencari ilmu bagi seluruh umat Islam. Sekarang ini umat Islam sudah mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan golongan orientalis. Maka dari itu untuk mengejar ketertinggalan tersebut kita sebagai umat Islam harus senantiasa gemar mencari dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Semoga karena Allah hati ini melangkah kemabli lebih berseri dan lebih nyaamn untuk melangkah bismillah terima aksih untuk sahabat-sahabat baru saya di majelis ilmu ini semoga saya dapat mengambil yang baik dan manfaat, kita sama-sama selamat dunia dan akhirat aamiin ya Allah aamiin

Alhamdulillah semoga Ilmu yang sedikit tersampaikan dan manfaat…

Advertisements

14 thoughts on “Karena Allah maka Allah membuka Jalan yang lain

  1. Subhanallah, wal hamdulillah. Semoga dimudahkan segala perkara, dilancarkan segala urusan dan diistiqomahkan dalam setiap ujian. Aamiin.
    Ini yang sedang saya cari, Mas. Saya ingin ‘kembali’ kepada Allah meskipun sebenarnya saya nda kemana-mana, nda melupakan apalagi meniggalkanNya.

    1. semoga bermanfaat ya mas.. saya juga masih tyerus mencari jalan kembali pada Allah mas.. kembali yg sebener-benar kembali nih mas ^-^.9 smga Allah terus kasih curahan ilham dan hidayah nie mas mantap ^-^

  2. Wah keren, Mas… Saya dari dulu baru sebatas pengen belajar bahasa arab, tp sampai sekarang belum kesampaian untuk belajar. Sempat juga baca buku karya Ust. Aceng Zakaria tp tidak konsisten untuk praktek dan menyelesaikan bacanya.

    1. alhamdulillah mas jika hati sudah menuju Allah akan banyak jalan allah membimbingnya mas..smga niat selalu tulus karena Allah apapun ilmu yg di cari…insyaAllah…smga kita diistiqomakan hingga syahid mas..aamiin

  3. Alhamdulillaah…., seneng saya mbacanya, Mas Angki, ada semangat di dalamnya, apalagi karena Allah Swt. Sungguh, inilah yang penting dalam kehidupan ini. Apabila semangat “karena Allah” telah menyala, maka seorang akan ngejalaninya dengan mudah dan asyik, meski bisa jadi tampak bagi orang lain itu tidak mudah dan tidak asyik. Semoga lancar dan mendapatkan ridha-Nya ya mas… Aamiin….

    1. aamiin ya Rabb aamiin…Alhamdulillah terima kasih bnyk Ustad muhaimin .. semoga allah kasih keridhoaan aamiin…. teima kasih bnyk doanya Ustadz…. smga bisa sling menyemangati dalam kebaiakn dan berbagi ilmunya …aamiin…

  4. Pingback: 3 Bulan Yang Tak Terasa | angkisland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s